Keinginan VS Kebutuhan : 5 Keinginan Belum Tercapai

sarn

Tema hari ini yaitu 5 keinginan yang belum tercapai. Nah sebelum saya membahas apa saja sih keinginan saya yang masih menggantung. Saya mau sedikit me-remind makna dari kebutuhan dan keinginan.

Kebutuhan yaitu segala sesuatu yang kita perlukan untuk mencapai kemakmuran hidup. Kalau kita tidak dapat memenuhinya, kehidupan bisa mengalami sedikit gangguan. Nah sebagai contoh, kita butuh makan, pakaian, dan tempat tinggal. Hidup kita akan terganggu ketika kita tidak dapat memenuhi kebutuhan kita itu.

Sedikit berbeda dengan keinginan, sesuatu ini ingin kita miliki namun sebenarnya tidak terlalu penting untuk menunjang kehidupan, jadi misalpun barang tersebut tidak didapat itu tidak jadi masalah. Misal sudah punya handphone, ketika ada handphone keluaran terbaru, tangan juga jadi gatel, hati jadi gelisah, dompet jadi kepengen keluar. Hehe. Hal-hal yang berbau keinginan biasanya akan selalu meningkat, dari hal kecil hingga yang besar.

Kalau dalam ekonomi, kita harus dapat membedakan hal mana yang kebutuhan dan yang mana keinginan. Karena kedua hal tersebut akan mempengaruhi keadaan ekonomi diri sendiri atau keluarga. Kamu tau gengsi kan? Nah itu keinginan yang besar karena gengsi akan sangat mengganggu keuangan kamu. Jangan sampai seperti itu ya, harus bisa tahan diri, dan membedakan kebutuhan yang harus dijalankan terlebih dahulu.

Punya Dapur Seperti Selebgram

Dapur. Pertama yang selalu saya tekankan kepada suami saya ketika mau beli rumah, “kalau dapur 100% harus aku yang dekor”. Selain dapur, boleh suami yang dekor, style dan perabotan dibebaskan. Tapi kalau dapur, benar-benar sudah menjadi impian saya memiliki dapur yang bagus, sesuai konsep saya.

Taman vs Kebun

Ya ini masih dialog antara saya dan suami. Keinginan saya memiliki beberapa pohon yang berbuah berbeda dengan suami yang hanya suka dengan tanaman di pot. Keinginan memiliki halaman lebih luas dari pada rumah sendiri itu sepertinya agak susah mengingat rumah kami di pemukiman padat. Hanya memiliki lahan terbatas membuat saya agak susah mewujudkan keinginan ini. Namun tidak berkecil hati ketika suami memperbolehkan menanam tanaman di dalam pot (berapapun jumlah potnya? Asyik. Haha)

Bisa Nyetir Mobil

Dulu sekitar lima tahun yang lalu, saya kursus menyetir mobil. Ya lumayan lah untuk pemula, lurus dan belok di jalan sepi. Hehe. Tapi setelah itu, ilmu saya tidak terpakai karena saya tidak punya mobil. Saat ini pun saya belum memiliki mobil, tapi sepertinya hal ini sudah harus menjadi kebutuhan. Resolusi 2019 harus bisa menyetir mobil.

Belajar Bahasa Jepang

Keinginan yang tertimbun di hati yang terdalam. Dahulu ketika SMA, saya senang sekali dengan Jepang, keinginan untuk menguasai Bahasa Jepang gugur karena kelas Bahasa di sekolah saya dibubarkan. Ketika SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) tahun 2007, saya kembali memilih Jurusan Bahasa Jepang. Namun ini juga gugur, karena langkah saya ditolak. Keinginan ini muncul lagi saat ini, karena saya bekerja di perusahaan Jepang. Saya ingin memahami atasan-atasan saya di sini.

Keinginan Terbesar : Punya Anak

Masya Allah ketika membaca tema ini, hal yang pertama saya ingin tuliskan adalah keinginan menimang anak. Pernikahan yang memasukin tahun ke tiga ini, saya berharap keinginan ini bisa saya usahakan. Insya Allah, bersama suami sudah memiliki planning untuk keinginan ini. Mohon doa dan support dari semua yang membaca.

Ya, sekian dulu semoga ada pencerahan antara kebutuhan dan keinginan ya.

Harus diingat juga bahwa manusia hanya bisa berencana dan Allah semua yang akan mewujudkannya.

#BPN30dayChallenge2018

#bloggerperempuan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s