Waspada Kebakaran Akibat Terminal T

Hmmm.. bau gosong apa ya?

Saya mulai mencari di sekitar rumah sumber kebauan ini. Cek ke dapur, kompor dalam keadaan mati dan memang saya sedang tidak masak. Lalu, bau apa ini? Setelah berkeliling rumah, ternyata saya menemukan stop kontak di ruang keluarga saya terbakar. Tidak mau terjadi hal yang mengkhawatirkan, segera saya mencabut terminal T pada stop kontak tersebut. Di sana terlihat

Nah, Emak Kece, dari pada mengalami hal buruk seperti saya pagi ini. Yuk simak dan pelajari sedikit tentang kelistrikan.

Cek Kabel yang longgar dan terkelupas


Sebagian dari kita tidak begitu peduli akan hal ini, untuk Emak Kece biasanya terjadi sama kabel alat setrika. Coba sekarang dicek. Kabel setrika sering banged terlilit akibat kita yang kurang peduli dan kurang hati-hati. Kabel yang terlalu sering terlilit dan melingkar tersebut bisa menyebabkan setrika menjadi rusak.

Alat kecil lainnya yaitu dari kabel charger handphone. Hayoo ngaku siapa yang suka langsung gulung hingga lilitan nya ga jelas?? Hihihi..

Kalau sudah dicek dan menemukan ada yang rusak, sebisa mungkin diganti ya. Karena dari benda kecil yang biasa kita gunakan sehari-hari bisa lho menyebabkan kebakaran atau kesetrum.

Hindari Penggunaan Terminal T yang Berlebihan

Coba jujur, sejauh ini sangat tertolong khan dengan terminal T atau yang lebih terkenal dengan sebutan “colokan tiga”?

Ya, pasti setiap rumah memiliki “colokan tiga” ini. Selain bentuknya yang simple dan tidak makan tempat, colokan ini sangat berguna sekali ketika stopkontak tembok sudah tidak ada yang kosong. Namun pernahkan terpikirkan bahwa penumpukan colokan pada satu titik juga snagat berbahaya bagi kita?

Oleh karena itu, demi keamanan, cobalah Emak Kece menggunakan secara bijaksana. Contoh : jangan menggabungkan colokan kulkas, Magic Com, dan TV secara bersamaan. Usahakan paling tidak hanya untuk dua barang elektronik yang diparalelkan.colokan

Perhatikan Stopkontak pada Dinding

Pernahkah Emak Kece memasang sesuatu (colokan) ke stopkontak dan terasa longgar?

Pernahkah Emak Kece memasang sesuatu (colokan) ke stopkontak dan mendengar suara bergemeretak?

Hayoo dicek lagi yuk. Sudah kah stopkontak kita berstandar SNI?

Kasus saat ini adalah banyak perumahan rakyat, alat perlistrikan kurang standar. Sehingga hal ini yang juga harus diperhatikan bagi pemilik rumah rakyat. Jika ada rezeki lebih, gantilah alat-alat listrik tersebut dengan standar SNI. Lakukanlah pengecekan pada setiap stop kontak secara berkala (minimal 2 bulan sekali.

 

Semoga dengan kita lebih berhati-hati, kita dapat terhindar dari hal-hal yang berbahaya.

Sekian dari saya.

See you soon.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s